Jumat, 17 Mei 2013

Didesak Pembangunan Kota, Piramida Tertua di Dunia Dalam Bahaya

Piramida Giza, Mesir (Foto: USAToday)Situs-situs wisata berikut ini merupakan ikon pariwisata dari negaranya masing-masing. Sayang, karena manusia dan alam, keberadaannya saat ini terancam. Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari USAToday:

Piramida Agung Giza, Mesir

Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Piramida Agung Giza adalah bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu (satu dekat dengan piramida dan satunya lagi di dekat Sungail Nil), tiga piramida yang lebih kecil untuk istri Khufu, dan sebuah piramida "satelit" yang lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggikan, dan makam-makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan.

Beberapa ratus meter di barat daya Piramida Agung terdapat sebuah piramida yang sedikit lebih kecil, Piramida Khafre, salah satu penerus Khufu yang juga dianggap sebagai pembangun Sphinx Agung. Sementara, beberapa meter lebih jauh ke barat daya adalah Piramida Menkaure, penerus Khafre, yang ketinggian piramidanya sekitar separuhnya.

Semakin hari, pembangunan Kota Kairo, ibukota Mesir semakin mendekati Piramida Giza. Padahal dulu piramida ini berdiri sendiri di tengah padang pasir, berbeda dengan sekarang yang telah dikelilingi hotel dan pusat perbelanjaan.

Bahkan pada 1990an sebuah jalan tol akan dibangun melewati piramida ini, namun akhirnya dibatalkan. Meski begitu polusi, pencurian dan banyaknya turis yang datang masih mengancam keberadaan piramida ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar