Minggu, 20 Januari 2013

Mengembalikan Fungsi Show Hidden File and Folder di Windows Explorer



Ya.. jadi begini, di windows explorer kita bisa menyembunyikan file atau folder tertentu, supaya tidak terlihat oleh orang lain yang memakai komputer kita. Caranya klik pada file atau folder yang akan disembunyikan, pada menu tool pilih item folder options, kalau item folder options tidak ada, beararti ada yang salah di setingan group policynya, klik di sini untuk penyelesaiannya. Setelah jendela folder options muncul klik tab view, scrolling ke bawah , akan ketemu pilihan hidden file and folder, beri tanda pada show hidden file and folder dan klik ok. Dengan cara seperti itu maka semua file yang disembuyikan akan terlihat.

Yang jadi persoalan bagaimana bila kita telah melakukan langkah-langkah tadi tapi file yang tersembunyi tetap tidak muncul? Setelah saya pelajari lebih lanjut ternyata perubahan terjadi pada registry, tapi jangan panik ikuti saja langkah berikut:
  • Klik Start—>Run, atau Windows+R
  • Ketik regedit lalu enter
  • Klik HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL
  • Periksa pada “Checked Value”, item ini harus bertype REG_DWORD dan harus mempunyai data value 0×00000001 (1)
  • Kalau tidak seperti itu kita bisa edit, caranya klik kanan pada Checked Value pilih modify, pada value data tulis 1 dan pada Base pilih/tandai yang hexadecimal, klik OK.
  • Tutuplah Windows registry lihat pada windows explorer, lakukan langkah-langkah untuk menampilkan lagi file yang disembunyikan seperti di atas, maka file yang tersembunyi akan terlihat lagi
Begitulah sedikit tips untuk menampilkan lagi file yang tersembunyi di Windows Explorer, semoga dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar