Minggu, 20 Januari 2013

Menampilkan kembali Folder Option yang hilang di Windows Explorer



 Kejadian hilangnya folder options pada tool menu di windows explorer memang bukan merupakan barang baru, tetapi hal seperti ini membuat kita kesal, apalagi untuk kita yang seringkali menyembunyikan suatu file atau folder yang bersifat pribadi banget karena memakai komputer/ laptop berbarengan dengan orang lain.

Kejadian seperti ini juga yang baru saja saya alami, di saat kita sangat membutuhkan file yang kita sembunyikan tadi, tiba-tiba saja pilihan folder option yang ada di tool menu hilang nggak tau kemana, apa sebabnya saya sendiri juga nggak tau. Langsung saja saya meluncur ke teman yang lebih tau tentang komputer, ada yang bilang kalo komputernya kena virus, semacam virus brontok.

Terus terang saya jadi bingung, darimana datangnya virus brontok itu, saking paniknya komputer langsung saja saya matiin, berharap kalau dinyalakan akan normal lagi, tapi yang terjadi malah folder option tetap nggak mau muncul.

Setelah saya cari- cari dan bertanya di google akhirnya ketemu juga, walaupun tidak dijelaskan penyebabnya secara rinci, tetapi sukurlah jawabannya sudah membuat saya plong lagi. Supaya jika nanti terjadi lagi saya sudah nggak bingung lagi, maka saya share saja di sini, sukur-sukur ada yang sedang butuh info ini. Sebenarnya bukan karena terkena virus, melainkan telah terjadi perubahan di group policy komputer/laptop yang dipakai, jadi penyelesaiannya kita perlu membetulkan group policy komputer/laptop kita seperti semula.



Terus bagaimana caranya, inilah langkah-langkahnya:

1. Tutuplah semua program yang sedang dijalankan, ini dimaksudkan agar tidak mengganggu proses pembetulan group policy.

2. Klik Start kemudian run, atau bisa juga tekan tombol windows+R, tulis gpedit.msc lalu enter.

3. Setelah muncul jendela group policy pilih user configuration—–>administrative templates—>windows component.

4. Buka folder Windows Explorer, double klik pada “Remove the folder options menu item from the tool menu”

5. Berilah tanda ceklist pada disable atau not configure, kemudian klik aply.

Sekarang periksalah windows explorer, cek pada menu tool, dan item folder options yang hilang sudah ada lagi. Ok selamat mencoba, semoga tips ini dapat menbantu.

3 komentar: